Tips Memerahkan Bibir Anti Ribet

Baaca.id – Bibir yaitu salah satu anggota tubuh yang mampu mempercantik penampilan. Dalam kondisi pucat dan bibir pecah-pecah kadang sering dianggap sedang sakit, padahal kondisi tersebut badan normal-normal saja.

Cara memerahkan bibir dibutuhkan untuk menjaga warna bibir agar tetap sehat dan sesuai dengan warna aslinya. Terlebih lagi ada berbagai faktor yang menjadi penyebab bibir menjadi hitam. Untungnya ada beberapa cara memerahkan bibir secara alami yang mudah dan tidak sulit dicari di rumah.

Bibir hitam atau bibir gelap pada umumnya adalah hasil dari hiperpigmentasi. Kondisi ini tidak membahayakan dan dapat disebabkan oleh produksi melanin yang berlebih, yaitu pigmen pemberi warna gelap pada kulit.

Apabila dibiarkan terus menerus, bibir hitam bisa menjadi kering dan pecah-pecah sehingga terlihat lebih kusam.

Keindahan bibir dilihat dari bentuk dan warna, bibir dengan warna merah merona adalah salah satu dambaan setiap wanita.

Begitu pentingnya bibir bagi penampilan kaum perempuan, bahkan membuat orang rela melakukan berbagai cara memerahkan bibir.

Untuk itu, dilansir dari jovee.id, berikut ini adalah tips memerahkan bibir dengan alami yang bisa kamu ikuti.

Baca Juga:

Tips Memerahkan Bibir Secara Alami

1. Scrub Bibir

Membuang kulit bibir yang terkelupas dapat dilakukan sebagai tips memerahkan bibir secara alami. Kamu bisa menggosok bibir memakai masker, baik itu masker khusus bibir yang dijual di pasaran maupun buatan sendiri.

Bukan cuma itu, scrub bibir juga bisa kamu lakukan pada saat atau sesudah mandi dengan sikat gigi ataupun handuk lembut yang dibasahi. Namun perlu di ingat, pakailah sikat gigi yang bulunya halus dan gosok pelan-pelan saja.

Menyikat bibir memakai sikat gigi lembut bisa melancarkan aliran darah ke bibir. Setelahnya jangan lupa lap bibir dan pulaskan lip balm supaya tetap lembut dan sehat.

Scrub bibir ini dapat membantu membuang sel-sel kulit mati dan dapat merangsang pertumbuhan kolagen yang baru. Pembentukan kolagen ini berkhasiat dalam memperlambat proses penuaan kulit, sehingga bibir tampak lebih cerah.

Masker Bibir dari Gula, Madu, dan Lemon

Masker bibir ini bisa kamu buat sendiri dirumah dengan menggunakan madu, gula, serta lemon. Selain dipakai untuk pemanis makanan dan minuman, madu dan gula serta lemon ternyata bisa dimanfaatkan sebagai scrub alami sebagai tips memerahkan bibir.

Madu mampu membantu melembabkan, menghaluskan, dan menjaga bibir tetap terhidrasi, plus membantu bibir kamu tampak lebih sehat dan merah merona.

Cara membuat masker untuk memerahkan bibir dengan gula dan madu, yaitu sebagai berikut ini:

  1. Campurkan 1 sendok teh gula dengan 1 sendok teh madu
  2. Kemudian, oleskan scrub alami tersebut ke permukaan bibir secara merata dan pijat dengan lembut
  3. Lalu, bilas menggunakan air hangat

Sementara lemon sering dipakai untuk menyamarkan noda gelap pada kulit karena sifat asamnya. Langkah membuat masker sebagai cara memerahkan bibir dengan madu dan lemon yaitu:

  1. Campur 2-3 sendok teh madu dengan air perasan setengah buah lemon
  2. Lalu aduk sampai berbentuk pasta halus
  3. Oleskan masker ke seluruh permukaan bibir secara merata dan pijat bibir dengan lembut
  4. Bilas bibir dengan menggunakan air hingga bersih
  5. Kamu bisa mengulangi cara memerahkan bibir hitam dengan scrub lemon, madu, serta gula ini 2- 3 kali dalam satu minggu hingga memperoleh hasil yang di impikan.

2. Menghindari Kebiasaan Menjilat dan Menggigit Bibir

Menggigit bibir bisa membuat bibir terluka, berdarah, dan memperlambat proses penyembuhannya. Tips memerahkan bibir ini sebenarnya bisa kamu lakukan dengan tidak menggigit serta menjilat bibir termasuk cara memerahkan bibir yang cukup efektif.

Perempuan yang mendambakan bibir merah merona alami sebaiknya menghindari merokok. Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa rokok tidak baik bagi kesehatan kulit, termasuk bibir.

Kulit yang suka merokok akan lebih cepat keriput daripada yang tidak merokok. Dengan merokok, kolagen juga dapat lebih mudah hilang dan sel kulit jadi gampang rusak.

Selain itu, merokok juga dapat mengakibatkan bibir hitam karena produksi zat melanin / pewarna kulit pada bibir menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu, hindari merokok ini bisa menjadi cara memerahkan bibir secara alami.

3. Banyak Minum Air Putih

Tips memerahkan bibir lain yang mudah dan murah yaitu dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Untuk menjaga cairan tubuh, minumlah minimal 8 gelas air putih setiap hari. Dibutuhkan 2- 3 liter air putih, termasuk bibir dan kulit, supaya tetap terhidrasi dengan baik.

4. Melindungi Bibir dari Paparan Sinar Matahari

Perubahan warna pada bibir juga bisa mengakibatkan karena terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Untuk menghindarinya, gunakanlah lip balm. Supaya perlindungan yang didapat maksimal, gunakanlah lip balm yang mengandung SPF minimal 15.

5. Menjaga Kelembaban Bibir

Selain perih, bibir kering, bersisik dan pecah-pecah, juga bisa membuat bibir terlihat lebih kusam. Berbagai cara di atas, perlu kamu lakukan untuk mencegah bibir pecah-pecah.

Tips memerahkan bibir secara alami di atas bisa menjadi alternatif terutama untuk menghindari bahan-bahan kosmetik yang bisa menimbulkan alergi. Apabila bibir masih kering, kusam, dan pecah-pecah, kamu bisa konsultasikan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button