Tips Menabung Rp 5 Juta Setahun

Baaca.id — Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini kita hidup di zaman dimana tidak ada yang membutuhkan uang. Sekolah, perawatan medis, belanja, di semua bidang kehidupan saya, Anda, siapapun, Anda benar-benar membutuhkan uang.

Di sisi lain, tidak mudah untuk mendapatkan uang, kan, Anda harus bekerja keras untuk bisa hidup bahagia dengan keuangan yang cukup dan anda juga harus mengetahui ada tips menabung Rp 5 juta setahun yang bisa menjadi pegangan buat anda untuk kebutuhan anda. Dimulai dengan bekerja sebagai penjaga toko, juru tulis, buruh, dan sebagainya.

Tetapi bahkan jika Anda pergi pagi-pagi dan pulang pada malam hari, terkadang uang Anda tidak cukup. Jangankan untuk menabung, hanya sebulan untuk sekedar makan saja. Kamu tidak perlu khawatir, saya akan memberikan tips agar kamu tetap bisa punya banyak uang yaitu dengan menabung.

Lima Tips Menabung Rp 5 Juta Setahun

Di bawah ini ada beberapa tips menabung Rp 5 juta setahun yang dapat Anda ikuti:

1. Menabung dengan Menghitung Jumlah Hari dalam 1 Minggu yang Sedang Berjalan

Menabung dengan menghitung jumlah hari dalam 1 minggu Itu adalah uang yang akan Anda hemat tergantung pada jumlah minggu. Di minggu pertama misalnya, Anda menabung Rp 1000.

Jika kita lihat kalender, ada tiga hari di minggu pertama yaitu tanggal 1 sampai dengan 3. Pada minggu pertama, jumlah tabungan yang Anda kumpulkan adalah Rp 3000. Maka Anda harus menabung sebanyak Rp 2000 di minggu kedua. Rp 2000 per hari selama tujuh hari (karena ada tujuh hari di minggu kedua).

Jadi di minggu kedua Anda bisa menghemat Rp 14.000, akan terus ditambah dengan tabungan di minggu pertama sebesar Rp 3000, dengan total Rp 17.000. Begitu seterusnya hingga minggu ke-53. Sedikit yang Anda pikir total tabungan Anda akan hampir mencapai angka Rp 10 juta untuk tahun ini. Duh, tiba-tiba jadi jutawan!

Baca Juga:

2. Menabung Sesuai dengan Tanggal Setiap Bulannya

Misalnya, tujuan dari tips kedua ini adalah untuk menghemat sebanyak Rp 1000 pada tanggal 1. Kemudian pada tanggal 2 anda menabung sebanyak Rp 2000 dan seterusnya sampai akhir bulan.

Rasanya tidak benar ketika ternyata Anda mengumpulkan Rp 6 juta kurang dari sebulan? Jadi kalau mau lanjut sampai akhir tahun ya bikin sendiri, totalnya kira-kira berapa.

Ini adalah 2 tips menabung sederhana yang dapat membantu Anda berhemat. Yang perlu diingat adalah Anda harus memiliki niat untuk menabung secara konsisten setiap hari dan benar-benar melakukannya, itu saja.

Selanjutnya, kami hanya mengatakan bahwa tabungan Anda tidak pernah ada, jadi uang di tabungan Anda masih utuh.

3. Tetapkan Tujuan Menabung

Pertama-tama, Anda dapat menentukan tujuan dari kegiatan menabung, misalnya bepergian ke luar negeri atau membeli mobil, dengan menabung Rp 20 juta atau Rp 50 juta dalam 1 tahun.

Ada target tabungan bulanan atau spreadsheet untuk memotivasi Anda menabung lebih aktif. Selain itu, Anda juga dapat membuat gambar atau teks dari jumlah target uang dan kemudian memasukkannya ke dalam dompet atau di celengan.

Jika masih kurang memotivasi bisa ditambahkan foto tempat wisata atau rumah idaman agar lebih disiplin dalam menabung dan tidak mudah terpengaruh.

4. Penghematan Rp 10.000

tips berikutnya dengan mengumpulkan nilai nominal Rp 10 ribu di celengan atau dompet khusus. Apabila Anda memiliki sisa uang pembelian dalam pecahan Rp10 ribu, sebaiknya Anda segera menyimpannya.

Tips menabung Rp 5 juta setahun di celengan ini efektif jika Anda konsisten setiap saat, terutama saat Rp 10.000 relatif tinggi dibandingkan dengan makanan ringan yang tidak perlu.

Cukup tukarkan pecahan Rp 1000 atau Rp 5000 jika jumlahnya Rp 10.000 dan segera masukkan ke celengan. Selain itu, Anda dapat mengubah jumlah uang menjadi, misalnya, tabungan Rp 5.000, Rp 20.000, dan lain-lain sesuai selera Anda.

5. Hemat Uang Saku

Cara cepat bagi mahasiswa untuk menabung tentunya dengan menabung uang saku setiap hari. Jika Anda sudah memiliki anak, Anda bisa mengajarkan menabung secara bertahap. Uang saku bisa disisihkan untuk jajan, transportasi, atau membeli alat tulis. Sisa uang harian dapat dimasukkan ke dalam celengan atau rekening tabungan.

Anda dapat menghemat Rp 2.000 atau Rp 5.000 sehari dengan mengurangi jatah uang saku untuk meningkatkan jumlah tujuan tabungan.

Jika rutin menabung di tempat yang aman, bukan tidak mungkin para pelajar menabung sendiri untuk membeli ponsel. Ingin mencoba tips menabung di celengan untuk mahasiswa ini?

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button