10 Tips Menabung untuk Pelajar

Baaca.id – Belum bekerja dan menghasilkan uang, umumnya pelajar mempunyai pendapatan dari orang tua atau yang biasa disebut dengan uang jajan. Umumnya, ketika masih anak-anak, maka orang tua harus mengajarkan anaknya untuk gemar menabung.

Akan tetapi, sekarang ini banyak kaum muda terutama bagi para pelajar dan mahasiswa yang merasa kesulitan untuk menabung.

Alasannya karena banyak godaan di luar yang menjadikan malas menabung. Misalnya seperti jajan makanan yang kekinian dan seringnya nongkrong.

Namun, akan jauh lebih bagus apabila kamu mempunyai uang lebih untuk jaga-jaga. Uang tersebut bisa kamu pakai untuk kebutuhan tertentu, misalnya seperti menikmati hobimu menonton konser, jalan-jalan bersama teman, membeli buku, dan lain-lain.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah tips menabung untuk pelajar supaya tidak salah langkah.

Baca Juga:

1. Menentukan Tujuan dari Menabung

Tips menabung untuk pelajar yang dapat dilakukan sebelum menabung, sebaiknya tentukan terlebih dahulu tujuan dari menabung, misalnya seperti ingin meringankan biaya sekolah, membeli handphone, membeli sepatu, dan kebutuhan lainnya.

Dengan begitu, kamu akan lebih semangat lagi untuk menabung secara rutin, meskipun sedikit demi sedikit. Kamu juga tidak akan tergoda untuk memakai uang tabungan untuk hal lainnya.

2. Niat

Tips menabung bagi pelajar yang wajib kamu lakukan yaitu niat. Segala sesuatunya harus niat terlebih dahulu dalam hatimu atau jika perlu tulis keinginan kamu untuk menabung misalnya untuk membeli ponsel atau motor di dinding kamarmu atau ditulis di kertas lalu tempelkan pada pintu kamar kamu.

3. Jangan Lupa Sarapan Setiap Mau Bersekolah

Selain manfaat untuk kesehatan, sarapan juga berdampak lumayan untuk mengatur pola your spending money ketika di sekolah. Jika kamu tidak sarapan, kemungkinan besar ketika istirahat pertama kamu akan langsung ke kantin untuk makan besar.

Pergi ke kantin, selanjutnya mengeluarkan uang. Tips menabung untuk pelajar ini akan membuat kamu menjadi lebih irit dan langsung menabung karena tidak mengeluarkan uang untuk sarapan.

4. Bawa Bekal Sarapan saat Bersekolah

Tips ini gabungkan dengan tips sebelumnya. Usahakan setiap akan sekolah kamu sarapan terlebih dahulu dan membawa bekal. Bekalnya lebih baik yang bertahan lama sampai siang hari.

Untuk menyiasati supaya kamu tidak jajan di sekolah, bekal yang kamu bawa dari rumah itu dimakannya pada istirahat kedua, umumnya ketika waktu solat dzuhur tiba. Dengan demikian isi perutmu tetap terjaga dari pagi sampai siang hari

5. Bawa Air Minum Sendiri dari Rumah

Untuk menghemat pengeluaran, kamu bisa membawa bekal minum dari rumah. Apalagi ketika ada jam pelajaran olahraga di sekolah. Hal ini bisa membantu kamu untuk menghemat membeli air minum, yang akhirnya bisa menyisihkan uang.

6. Atur Pengeluaranmu untuk Apa Saja

Tips menabung untuk pelajar berikutnya yaitu atur pengeluaran kamu untuk apa saja. Pasti kamu mempunyai keinginan untuk membelanjakan uangmu selama di sekolah. Kamu perlu membuat catatan uang saku dan untuk besoknya mau dibelanjakan untuk apa saja dan berapa yang akan ditabung.

Untuk persentasenya tidak ada ketentuan. Kamu bisa mencobanya, 50% pengeluaran dan 50% untuk ditabung. Namun, apabila ada hal mendesak seperti uang sumbangan maupun uang kas, maka kamu dapat mengambil beberapa persen dari jatah uang yang ditabung.

7. Simpan Selalu Uang Kembalian

Jangan lupa untuk menyimpan uang kembalian setelah kamu belanja seperti ribuan maupun recehan. Karena, ketika situasi mendesak uang tersebut bisa menjadi penolong kamu dan artinya kamu menjadi orang yang lebih bijak dalam memakai uang.

8. Berani Katakan Tidak untuk Nongkrong Tidak Jelas

Ini merupakan tips menabung untuk pelajar yang biasanya paling berat untuk dilakukan. Terkadang pelajar sudah sangat berhemat di sekolah, namun belum untuk di luar sekolah ketika temannya mengajak untuk nongkrong tidak jelas hanya untuk bermain game.

Jika kamu terlalu sering mengeluarkan uang kamu untuk hal-hal sekunder seperti ini, uang yang kamu sisihkan akan terkuras habis untuk hal yang tidak terlalu penting ini.

9. Menjadi Pekerja Lepas

Tips menabung untuk pelajar yang terakhir yaitu, kamu bisa menjadi pekerja lepas atau freelance. Selain membuat kamu lebih mandiri karena jadi tidak terlalu mengandalkan uang dari orang tua, kamu bisa mendapat penghasilan sendiri dan memperoleh pengalaman bagaimana susahnya mengatur pendapatan.

10. Menitipkan Uang Tabungan ke Orang Tua

Selanjutnya pada saat akan dipakai, kamu bisa memintanya. Kamu juga bisa meminta mereka untuk menagihnya setiap hari sejumlah uang yang sudah kamu tentukan untuk ditabung.

Tips menabung untuk pelajar ini bisa kamu lakukan, apalagi kamu belum cukup yakin dan bisa menahan diri untuk tidak memakai uang tabungan untuk hal yang tidak penting. Kamu bisa meminta orang tuamu untuk menyimpankan uang tabungan kamu.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button