Tips Mengatasi Badan Lemas dengan Makanan Sehat

Baaca.id – Kondisi badan lemas dan letih bisa mengganggu kamu ketika sedang beraktivitas beras. Kondisi badan lemas biasa dikenal dengan istilah asthenia. Asthenia merupakan sebuah kondisi dimana tubuh mengalami penurunan kekuatan, sehingga kamu membutuhkan tenaga ekstra untuk melakukan aktivitas.

Walaupun badan yang lemas terlihat seperti gejala dari suatu penyakit, akan tetapi banyak juga orang yang merasa badannya lemas tanpa ada masalah kesehatan atau penyakit yang mendasarinya.

Pada umumnya, keadaan lemas ini terjadi pada bagian tangan dan kaki. Pada saat seseorang mengalami badan lemas, kemungkinannya si penderita juga mengalami tremor, kesusahan menggerakan anggota tubuh, dan pada area yang lemas terjadi kedutan.

Tips mengatasi badan lemas bisa diselesaikan dengan mengkonsumsi makanan. Melansir dari klikdokter.com, berikut ini adalah tips mengatasi badan lemas yang bisa kamu coba pada saat mengalaminya.

Baca Juga:

Tips Mengatasi Badan Lemas dengan Makanan

Untuk mencegah badan lemas yang dapat mengganggu aktivitas harian kamu, berikut ini merupakan pilihan makanan yang bisa kamu konsumsi:

1. Biji Chia

Tips mengatasi badan lemas yang pertama yaitu dengan mengkonsumsi biji chia. Biji ini merupakan salah satu bahan makanan kekinian pada saat ini. Masyarakat telah menjadikan biji chia ini untuk bahan pengganti makanan utama mereka, yaitu dengan mencampurkan biji chia ini ke dalam menu makanan.

Biji chia meempunyai rasio tepat protein, lemak, dan serat untuk mendongkrak energi kamu. Efek yang dirasakan dari mengonsumsi biji chia ini berbeda dari karbohidrat atau sumber gula lainnya.

Mengonsumsi biji chia tidak mengakibatkan adanya sugar crash, atau adanya efek lemas seperti telah makan makanan yang tinggi karbohidrat seperti nasi.

Biji chia juga dapat menyerap air sampai 10 kali beratnya. Kelebihan ini tentu akan membantu tubuh kamu mencukupi dan mempertahankan kandungan cairan, yang sangat berpengaruh terhadap stamina tubuh.

2. Quinoa

Quinoa merupakan salah satu bahan makanan yang pada saat ini banyak dimanfaatkan untuk pengganti nasi. Quinoa mengandung banyak protein, serat, dan zat besi sehingga dapat menjadi salah satu pilihan makanan untuk menangkal badan lemas.

Kamu dapat mengolah quinoa menjadi makanan asin atau makanan manis serupa dessert seperti puding dan muffin sebagai tips mengatasi badan lemas. Kamu juga bisa mencampurkan quinoa dengan makanan sehat lainnya.

3. Gandum Utuh

Tips mengatasi badan lemas berikutnya yaitu dengan mengganti sumber karbohidrat kompleks kamu seperti nasi diganti dengan gandum utuh/whole wheat. Selain untuk pasokan energi, mengonsumsi gandum utuh mampu menyehatkan saluran pencernaan, karena kandungan serat di gandum ini tinggi.

Gandum utuh bisa kamu temui pada roti, sereal, dan makanan lainnya.

4. Pisang

Sebuah penelitian membandingkan manfaat pisang dalam memberikan energi dengan pemasok energi lain seperti minuman berenergi. Penelitian yang dilakukan pada pembalap sepeda, menemukan bahwa pisang ini bisa menjadi salah satu tips mengatasi lemas karena energi yang dihasilkan sama dengan minuman energi. Tentunya pisang ini lebih aman dan alami.

Pisang mempunyai beberapa kandungan seperti serat, potasium, vitamin, dan jumlah karbohidrat yang tepat untuk menambah stamina kamu dan mencegah badan lemas. Sebelum memulai aktivitas, sebaiknya buah pisang dikonsumsi karena bisa menjadi pilihan yang mudah, lezat, dan pisang ini sebagai salah satu sumber energi.

5. Oatmeal

Oatmeal adalah produk gandum yang bisa kamu konsumsi sebagai tips mengatasi badan lemas. Oatmeal sudah banyak dikonsumsi dalam berbagai cara, termasuk sebagai pengganti nasi yang dimakan bersama lauk-pauk pada umumnya, khususnya bagi sebagian orang yang melakukan diet, oatmeal ini banyak dikonsumsi.

Oatmeal kaya akan serat dan mengandung cukup protein untuk menjaga kamu tetap berenergi. Oatmeal mempunyai indeks glikemik yang rendah, sehingga aman untuk kamu yang mempunyai penyakit metabolik seperti diabetes. Kamu yang mempunyai risiko penyakit jantung juga dianjurkan untuk mengonsumsi ini.

Tips mengatasi badan lemas tidak perlu dengan mengonsumsi kafein maupun minuman berenergi lainnya, atau dengan obat-obatan seperti suplemen. Kamu dapat mencegah dan mengatasi badan lemas melalui makanan sehat dan bergizi seperti yang sudah disebutkan di atas.

Kurangi dan hindari makanan olahan, siap saji, dan makanan yang mengandung pengawet. Selain itu, lakukan aktivitas fisik dengan berolahraga secara rutin dan istirahat dengan cukup.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button