Tips dan Trik Poles Body Mobil

Baaca.id — Meski sudah berhati-hati dalam berkendara terkadang ada saja celah yang menyebabkan body mobil tergores. Entah karena gesekan ranting, tergores saat hendak parkir, cekeran kucing, dan lain sebagainya. Hal ini tentunya sangat menjengkelkan dan membuat mobil tidak enak dilihat.

Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan poles body mobil. Untungnya ketika ada sedikit, perbaikan body mobil tidak harus dilakukan secara keseluruhan, sehingga tidak memerlukan biaya yang besar, bahkan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Namun ketika goresan sangat besar, sebaiknya menggunakan jasa profesional saja untuk perbaikan total.

Lantas bagaimana cara menghilangkan baret pada cat mobil ataupun sekedar menyamarkannya? Berikut ini terdapat beberapa tips yang dilansir dari jdpower.com, mengenai beberapa metode yang bisa dilakukan untuk memperbaiki goresan kecil di mobil Anda.

Pastikan Kondisi dan Kedalaman Baretan

Sering kali kita jumpai goresan yang ada pada mobil terkadang hanyalah debu tebal yang menempel. Maka sebaiknya pastikan terlebih dahulu apakah itu goresan atau bukan. Jika memang bukan, kotoran debu tersebut bisa dibersihkan dengan kain lap atau kanebo basah.

Setelah itu, pastikan kondisi kedalaman baretan. Jika baretan terlalu dalam dan parah. Maka tindakan tidak bisa dilakukan sendiri di rumah. Sebaiknya Anda enggunakan bantuan professional bengkel ataupun ketok magic.

Gunakan Komponen Kit untuk Memperbaiki Goresan

Setelah memastikan keadaan goresan yang ringan, Anda bisa menggunakan kit untuk memperbaikinya. Sebelum membeli kit pastikan terlebih dahulu seberapa parah kerusakan pada mobil Anda. Jika tidak parah maka Anda bisa membelinya.

Cara penggunaanya, pertama dengan membersihkan permukaan cat yang tergores terlebih dahulu, bisa juga dibersihkan menggunakan sabun dan air. Hal ini untuk memastikan agar memudahkan ketika pastia kit dioleskan.

Selanjutnya siapkan kain microfiber atau bisa juga dengan lap kering dan bersih. Oleskan pasta pada kain yang sudah disediakan. Jangan pernah mengoleskan langsung pasta kit pada permukaan cat yang tergores, hal ini dapat merusak cat mobil Anda.

Baca Juga:

Setelah pasta di oleskan pada kain kemudian aplikasikan pada body mobil yang tergores lalu gosok dan gerakkan ke arah memutar secara berulang.

Gunakan Kain Penggosok Untuk Menghilangkan Goresan

Penggunaan dan pemilihan kain yang baik akan menentukan pasta kit bekerja saat di gosok. Dengan kain yang bagus pemoles penghilang goresan tersebut akan bekerja dengan cara menghilangkan lapisan tipis (lapisan bahan di atas cat utamanya) sehingga permukaan goresan menjadi halus dan rata.

Setelah digosok, hapus semua polesan ekstra yang tersisa kemudian bersihkan. Dalam proses pemolesan memerlukan banyak waktu, sehingga Anda perlu meluangkan waktu saat proses pemolesan mobil.

Jika dirasa goresan belum hilang, maka lakukan secara berulang ulang sampai goresan hilang. Anda bisa menggunakan lilin carbauba berkualitas baik ke permukaan yang tergores. Setelah dipastikan semua goresan hilang, maka body mobil akan mengkilap kembali.

Kekurangan Poles Body Mobil

Selain tidak bisa untuk menghilangkan noda goresan yang parah, terlalu sering poles body mobil juga ternyata berdampak buruk bagi cat di ­body mobil, karena cat akan semakin tipis.

Sejatinya selian dapat membantu menghilangkan goresan ringan, poles body mobil juga dapat membuat mobil terlihat mengkilat dan bersih. Namun karena tekanan saat mengaplikasikan pasta kit pada mobil terlalu sering lah yang membuat cat cepat memudar.

Pemilihan bahan untuk poles body mobil pun harus diperhatikan. Pastikan bahan yang nanti akan dioleskan tidak banyak emngandung zat kimia. Jika menggunakan bahan yang mengandung sillikon yang tinggi dapat membuat mobil menjadi berlubang di bagian struktur permukaan body.

Dilansir dari liputan6.com, Kondisi seperti ini akan sangat riskan bila suatu saat mobil ingin melakukan proses pengecatan ulang atau repainting karena permukaan body tidak rata.

Tidak hanya itu, kandungan silicon dan zat lain yang terlalu banyak pada obat poles juga bisa membuat terkikisnya pelapis cat atau clear coat, yang akhirnya akan membuat mobil jadi kusam.

Maka dari itu berhati hatilah dalam kendara, untuk menghindari segala risiko kerusakan mobil. Jika ingin terlihat selalu kinclong maka sebaiknya harus lebih rajin dalam mencuci mobil dibandingkan dengan melakukan pemolesan mobil.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button