Tips Psikotes Menggambar Orang dan Pohon dalam Seleksi Mencari Kerja

Baaca.id – Psikotes merupakan salah satu tahapan yang selalu ada dalam proses seleksi untuk menjadi calon karyawan di perusahaan ataupun instansi pemerintah. Beberapa program beasiswa dan proses perguruan tinggi juga pada umumnya mengadakan psikotes dalam tahapan seleksinya.

Dari hasil psikotes tersebut akan menggambarkan kondisi jiwa dan sesuai atau tidaknya dengan kepribadian calon karyawan tersebut dengan jenis pekerjaan dan lingkungan kerja di perusahaan.

Hasil psikotes bersifat kualitatif, yang artinya laporan hasil tesnya berupa data yang memberikan kesimpulan sesuai tidaknya dengan kepribadian kamu dengan jenis pekerjaan yang kamu lamar.

Tentunya kamu pernah diminta untuk menggambar rumah, pohon dan orang dalam sebuah tes psikotes untuk mendapatkan pekerjaan. Dan apakah kamu tahu makna dari tes gambar tersebut? Mengapa kita harus menggambar rumah, pohon dan manusia. Apakah ada tips psikotes menggambar orang, pohon dan rumah tersebut?

Dilansir dari Suara.com, ternyata tidak ada cara yang benar untuk menggambar ketiga hal tersebut. Namun sama seperti tanda tangan dan bentuk tulisan, gambar dan coretan kecil akan dapat berfungsi dan berpengaruh sebagai sumber informasi unik yang berbicara tentang diri kita.

Pada saat kita menggambar, tanpa sadar kita telah menjelaskan karakteristik kepribadian utama kita dalam tes menggambar tersebut. Itu karena menggambar menjadi salah satu tes psikologi yang sangat penting. Ujian House-Tree-Person (HTP) ini merupakan teknik proyektif yang dirancang untuk menentukan ciri-ciri kepribadian seseorang.

Baca Juga:

1. Analisis gambar rumah

Rumah yaitu mewakili hubungan keluarga dan bagaimana cara kamu melihat dan menafsirkan kehidupan keluarga. Gambar rumah dipercaya dapat mengatakan banyak tentang bagaimana perasaanmu tentang nilai-nilai keluarga secara umum dan keluarga kamu secara khusus.

  • Atap artinya mewakili kehidupan intelektual, fantasi, dan spiritual.
  • Cerobong asap mempunyai arti sebagai kehidupan afektif dan seksual. Asap yang keluar dari cerobong tersebut melambangkan adanya ketegangan internal.
  • Ruang artinya ketegasan dan kekuatan kepribadian kamu.
  • Pintu dan jendela artinya mempunyai hubungan dengan dunia sekitarnya, konteks sosial, tingkat integrasi.
  • Jalan Kaki artinya keterbukaan, akses ke kehidupan keluarga yang terbuka dan akrab.
  • Lingkungan artinya stabilitas dan kontak dengan kenyataan.

2. Analisis gambar pohon

Pohon melambangkan aspek terdalam dan yang paling tidak disadari dari kepribadian kamu. Gambar pohon dapat mewakili hal-hal yang biasanya kamu simpan untuk diri sendiri.

  • Mahkota atau kerimbunan daun artinya mempunyai ide, pikiran, konsep diri. Seperti, kepadatan mahkota atau kerimbunan terhubung langsung dengan produktivitas mental.
  • Cabang pohon artinya kontak sosial, aspirasi, dan tingkat kepuasan atau frustrasi.
  • Batang artinya perasaan diri, keutuhan kepribadian. Apabila melengkung, itu berarti kamu fleksibel dan mudah beradaptasi.
  • Akar artinya mempunyai kaitan dengan dunia batin yang tidak disadari dan naluriah, pengujian realitas, dan orientasi.
  • Pijakan artinya kontak dengan kenyataan dan stabilitas. Contohnya seperti ketidakmampuan atau kesulitan dalam menghadapi kenyataan.

3. Analisis citra gambar orang

Manusia mewakili konsep ideal dari diri kamu sendiri. Gambar ini menunjukkan sikap kamu terhadap dunia, bagaimana kehidupan sosial dan dunia batin kamu.

  • Kepala artinya kecerdasan, komunikasi, imajinasi, kemampuan bersosialisasi. Misalnya, Apabila kepala lebih besar dari tubuh, itu berarti kamu mempunyai kemampuan intelektual yang mengesankan.
  • Rambut mempunyai arti seksualitas, kejantanan, dan sensualitas.
  • Mata artinya komunikasi sosial dan persepsimu tentang dunia sekitar.
  • Mulut artinya sensualitas, seksualitas, dan komunikasi verbal. Apabila mulut pada gambar kamu cuman garis lurus, itu berarti kamu agresif secara verbal.
  • Hidung artinya simbol phallic.
  • Tangan artinya keefektifan, agresivitas.
  • Catatan artinya kontrol impuls.
  • Tangan artinya adaptasi dan integrasi dengan dunia sosial.
  • Badan yaitu kontak dengan realitas, dukungan, stabilitas, dan keamanan.
  • Kaki atinya seksualitas dan agresivitas.

Tips Psikotes Menggambar Orang

Tes ini dipakai untuk mengetahui tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan, dan ketahanan kerja dari peserta psikotes yang akan menjadi calon karyawan maupun calon mahasiswa. Berdasarkan lansiran dari Plimbi.com, ada beberapa poin yang dinilai dalam tips psikotes menggambar orang ini yaitu:

  • Gambarlah orang dengan lengkap

Tips psikotes menggambar orang yang pertama, dibalik kertas diberi keterangan seperti umur, jenis kelamin, pekerjaan, aktivitas yang sedang berlangsung, ciri fisik, kelemahan dan kelebihannya.

  • Proporsi dari anggota tubuh

Semakin proporsional atau seimbang perbandingan ukuran satu anggota tubuh dengan anggota tubuh yang lain, maka semakin tinggi skor yang akan kamu peroleh.

  • Kelengkapan dari anggota tubuh

Semakin lengkap kamu menggambar anggota tubuh, maka semakin tinggi pula nilainya. Contohnya seperti kepala, leher, badan, tangan, kaki, dan seterusnya.

  • Detail gambar

Semakin detail gambar yang kamu buat, maka semakin tinggi juga nilai yang kamu dapatkan.

Ketika wawancara dengan HRD, adakalanya gambar ini dibawa oleh HRD tersebut. Dan juga di tanyakan kepada kamu. Pertanyaannya seperti mengapa kamu menggambar orang seperti itu dan kamu juga akan disuruh untuk mendeskripsikannya secara detail.

Jadi, gambarlah orang yang benar-benar nyata, bukan tokoh kartun atau anime yang menyerupai orang. Lebih baik kamu menggambar orang yang sudah dikenal dan dekat dengan kamu, sehingga tidak akan kesulitan pada saat mendeskripsikannya.

Tips Psikotes Menggambar Pohon (Tree Test)

Gambarlah pohon berkayu atau berkambium. Tidak diperbolehkan untuk menggambar pohon kelapa, pohon pisang, bambu, dan jenis tanaman monokotil lainnya. Sesudah kamu selesai menggambarnya, maka tuliskan nama pohon tersebut di halaman kertas sebaliknya

Bagus tidaknya gambar bukanlah kriteria lolos tes, karena Tree Test bukanlah tes kemampuan menggambar. Sebagai salah satu alat menggali kepribadian kamu, setiap tarikan garis dan tebal-tipis garis pun akan dievaluasi dengan cermat oleh HRD.

Jadi yang bisa kita persiapkan adalah berlatih menggambar semirip mungkin dengan pohon yang dimaksud dan menyelesaikan gambar dengan tepat waktu.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan mengenai tips psikotes menggambar orang dan pohon. Mengingat tes gambar tidak punya jawaban mutlak benar dan salah, kamu juga bisa menggambar sesuai dengan imajinasi atau apa saja yang ingin kamu gambar.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button