Tugas Selesai 1 SSK Brimob Dipulangkan dari Yalimo Papua

Baaca.id, BONE – Berseri dan penuh semangat. Begitulah gambaran raut wajah personel Sat Brimob Polda Sulsel BKO Polres Yalimo Polda Papua, saat tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Selasa malam (25/5/2021).

Rombongan personel Sat Brimob Polda Sulsel ini mengendarai pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 3797.

Semakin kondusifnya situasi keamanan di Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua, pasca sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) tahun 2020 di Mahkamah Konstitusi, membuat Institusi Kepolisian Negara Republik Indonesia memulangkan 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) personel Satbrimob Polda Sulsel BKO Polda Papua kembali ke Makassar.

Penarikan 1 SSK Personel Brimob ini didasari oleh situasi Kamtibmas Yalimo yang masih kondusif pasca pemungutan suara hingga pleno penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil PSU.

Apel Penyambutan 1 SSK personel Sat Brimob Polda Sulsel dilaksanakan di lapangan upacara Polda Sulsel dan dipimpin langsung oleh Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs Merdisyam, M.Si.

Dalam arahannya, Kapolda Sulsel menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada personel yang telah berhasil melaksanakan tugas di Kabupaten Yalimo Propinsi Papua.

“Pelaksanaan tugas yang saudara laksanakan merupakan suatu keberhasilan dan kehormatan dimana saudara telah menorehkan tinta emas di tanah Papua, oleh karena itu saya selaku pimpinan Polri Polda Sulsel menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi – tingginya atas dedikasi dan pengabdian nya selama pelaksanaan tugas di daerah operasi,”terang Merdisyam.

Komandan Satuan ( Dansat ) Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Muhammad Anis juga menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada personel yang telah melaksanakan tugas BKO Polda Papua.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih atas dedikasi rekan – rekan yang telah melaksanakan tugas dengan baik dan mampu menciptakan kondusifitas kamtibmas di Kabupaten Yalimo, ini semua sebagai wujud nyata Bhakti Brimob Untuk Indonesia,”ungkap Anis.

Sementara Komandan Batalyon ( Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan, mengemukakan, semula ada 2 SSK yang dikirim ke Papua. Namun, 1 SSK sudah terlebih dahulu kembali, yakni yang bertugas di Kabupaten Boven Digoel.

Seluruh personel Brimob Sulsel 1 SSK yang bertugas di Polres Yalimo selama 2,5 bulan baru saja kembali dari tempat tugasnya tersebut mayoritas merupakan anggota Batalyon C Pelopor.

“Saya sangat bangga dan berterima kasih sekali kepada seluruh anggota khusus nya anggota Batalyon C Pelopor yang telah berhasil mengamankan dan menciptakan situasi yang kondusif di Kabupaten Yalimo pasca putusan MK terkait PHPU dan dilanjutkan dengan PSU dan penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil PSU,”ujarnya.

Keberhasilan ini tentunya bukan semata – mata karena keberadaan pasukan BKO saja namun berkat kerja sama yang baik antara stake holder yang ada di Kabupaten Yalimo, dan tentunya semua ini sebagai wujud Bhakti Brimob Untuk Masyarakat,”terang Nur Icshan.

Setelah apel penjemputan di Mapolda Sulsel dengan Pimpinan Apel Kapolda Sulsel dan dihadiri oleh Wakapolda serta PJU Polda Sulsel , pasukan akan langsung bergeser ke Kabupaten Bone dan akan dilaksanakan kegiatan serupa di Mako Batalyon C Pelopor yang dihadiri Forkopimda.(Far)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button