16 Tugas Staff Administrasi di Sekolah

Baaca.id — Staff administrasi adalah seseorang yang melakukan tugas kegiatan perencanaan, mengarahkan, menyelenggarakan, mengorganisir, serta mengawasi pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan dengan kegiatan yang ada di perusahaan, instansi maupun di sekolah.

Banyak macam pekerjaan yang melakukan tugas staff administrasi seperti staff administrasi di perusahaan – perusahaan, staff administrasi di Bank dan yang akan kita bahas kali ini adalah staff administrasi di sekolah.

Dibelakang sekolah yang sukses dan tertib, pastinya ada beberapa karyawan yang bekerja keras dibalik layar tersebut.

Karyawan-karyawan tersebut mempunyai tugas, peran dan tanggung jawabnya masing-masing. Seperti halnya pada karyawan Staff Administrasi di Sekolah.

Dengan adanya staff administrasi di sekolah, maka tidak bisa dijauhkan dari efektivitas program yang ada di sekolah. Mereka biasa dikenal dengan staff Tata Usaha atau Staff TU.

Tanpa adanya tenaga kerja tersebut, sekolah akan dibuat repot terutama untuk urusan administratif. Seperti pada halnya pembelajaran baru atau kurikulum baru, pasti sekolah akan dibuat repot jika tidak ada staff administrasi didalamnya.

Jadi staff administrasi ini sangat berperan dan membantu dalam menjalani tugas didalam sekolah.

Tugas utama dari administrasi pendidikan yaitu mendukung jalannya semua proses pendidikan yang ada di sekolah.

Salah satunya yaitu dengan turun langsung pada bagian layanan administratif. Agar, proses pendidikan berjalan secara efektif dan efisien dan juga bisa berjalan dengan lancar.

Tugas Dan Kewajiban Administrasi Sekolah

Tugas staff administrasi atau tata usaha sekolah pada intinya adalah mengacu pada penyelenggaraan dan informasi pendidikan.

Tugas Staff administrasi sekolah juga harus mengelola informasi untuk bahan pengambilan keputusan. Semakin akurat data yang terhimpun, maka semakin tepat keputusan yang diambil.

Tugas Staff Administrasi Sekolah

Di setiap tingkat pendidikan tentunya ada karyawan Administrasi sekolah. Pekerjaan ini dapat mengarahkan jadwal dan kegiatan sekolah, mengelola anggaran sekolah, mengurus keluar masuknya uang sekolah, menginput data statistik sekolah dan masih banyak lagi.

Berikut ini adalah tugas umum seorang administrasi sekolah yang dilansir dari Chokingman.com

1. Membuat Kerangka Program Kerja

Staff administrasi di sekolah pada dasarnya harus bisa membuat sebuah kerangka kerja untuk memastikan bahwa tugas administrasi bisa berjalan dengan lancar.

Tanpa adanya kerangka kerja, maka administrasi sekolah tidak bisa menangani tugas yang berkaitan dengan keuangan, data statistik sekolah, laporan pembelajaran dan sebagainya.

Maka bagi kalian yang ingin menjadi pekerja Staff Administrasi sekolah ini harus bisa membuat kerangka program kerja.

2. Bertanggung Jawab Mengawasi Tugas Administrasi yang ada di Sekolah

Administrasi sekolah memang bekerja di sebuah sekolah, tetapi tidak bekerja sebagai seorang guru. Tugas seorang administrasi sekolah ialah hanya staff Tata Usaha yang bertanggung jawab untuk mengawasi tugas-tugas administrasi.

Tugas administrasi sekolah harus memastikan lingkungan belajar yang aman, kondusif dan produktif bagi siswa di institusi tempat ia bekerja dengan mengelola sarana dan prasarana sekolah, menjadwalkan program yang menunjang kebersihan sekolah, mengatur anggaran belanja sekolah dan keperluan sekolah lainnya.

3. Mengurus Sumber Daya yang Tepat untuk Guru

Tugas Staff Administrasi sekolah selain bertanggung jawab untuk membuat kerangka program kerja, staff administrasi juga bekerja mengurus anggaran, logistik, jadwal guru, tindakan disipliner, evaluasi, dan hubungan masyarakat berada di bawah wewenang administrasi sekolah.

Administrasi sekolah juga memastikan guru memiliki peralatan dan sumber daya yang diperlukan untuk menyampaikan kurikulum yang efektif kepada murid-muridnya.

4. Mengelola Buku Induk untuk Pegawai dan Siswa

Administrasi sekolah juga harus mengelola sebuah buku induk baik itu untuk pegawai sekolah seperti guru dan karyawan lain maupun buku induk untuk siswa.

Buku induk ini mempunyai fungsi yang besar karena buku ini berisi tentang catatan-catatan data yang isinya seluruh pegawai dan siswa di sekolah.

Buku ini mencatat data keluar masuknya siswa maupun karyawan di setiap tahunnya dan berfungsi sebagai identitas pribadi sekolah dan sebagai dokumentasi penting di masa yang akan datang.

Jika buku induk ini dikelola dengan baik, maka bisa memudahkan kepala sekolah dalam melihat data para pegawai dan juga siswanya.

5. Menyusun Data Statistik Sekolah

Seorang administrasi sekolah juga mempunyai tanggung jawab dalam menyusun data statistik sekolah untuk kemudian dilaporkan ke Pusat Data dan Teknologi Informasi seperti pada alamat ini di http://statistik.data.kemdikbud.go.id/

Baca Juga:

Data statistik ini wajib disusun oleh seorang staff administrasi di sekolah.  Jika data ini tidak disusun, maka sekolah tempatnya bekerja tidak direkapitulasi oleh sistem Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Data yang wajib diinput ini bisa dimulai dengan jenis kelamin siswa, alamat, prestasi, usia, sampai data fasilitas yang dimiliki oleh sebuah sekolah seperti toilet, perpustakaan, ruang kelas, perpustakaan, tempat ibadah dan sebagainya.

6. Melakukan Koordinasi Terkait Program Kerja 7K

Tugas Staff administrasi berikutnya di sekolah adalah mempunyai peranan penting untuk mengatur program keamanan, kebersihan, keimanan, kekeluargaan, kerindangan, kerapian dan keindahan atau bisa disingkat dengan 7K  di institusi pendidikannya.

Program 7K ini bisa dirapat atau dikumpulkan antara guru dan siswa untuk bersama-sama menjaga 7K ini supaya berjalan dengan baik dan tertib di sekolah.

Dengan adanya program kerja ini, seorang staff adminitrasi harus bisa merealisasikan kegiatan tersebut. Agar program tersebut bisa tercapai dengan baik dan sesuai dengan target yang di inginkan.

7. Mengelola Anggaran Keuangan

Tugas staff administrasi sekolah selanjutnya adalah mengelola anggaran sekolah dan memastikan sistem keuangan berjalan sebagaimana mestinya.

Data anggaran keuangan ini harus benar-benar dikelola dengan baik dan dijaga oleh administrasi sekolah agar anggaran tersebut dapat melaksanakan program pembelajaran ataupun untuk belanja bisa tercapai atau sesuai dengan tujuan yang di inginkan yang tanpa kekurangan dana apapun.

8. Menyusun RAKS

Rencana Anggaran dan Kegiatan Sekolah atau bisa disingkat dengan RAKS. RAKS ini perlu disusun oleh kepala sekolah dengan staff administrasi sekolah.

RAKS ini wajib dan perlu dilaksanakan sesuai dengan aturan yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan.

Untuk saat ini, RAKS lebih mudah disusun karena adanya peluncuran aplikasi RAKS oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

  1. Mengurus administrasi ketenagakerjaan guru dan juga siswa
  2. Menyusun data-data administrasi perlengkapan sekolah
  3. Menyusun dan menyajikan data statistik sekolah
  4. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan secara rutin
  5. Menyusun pengurus tata usaha secara berkala
  6. Melaksanakan hubungan masyarakat antara sekolah dan luar sekolah.
  7. Mensosialisasikan kebijakan-kebijakan kepala sekolah
  8. Mengawasi penyusunan laporan periodik dari masing-masing divisi

Kewajiban Staff Administrasi

1. Mengawasi setiap pelaksanaan tugas staff yang ada dibawahnya, dan dilakukam secara rutin

2. Menerima serta membagikan surat-surat yang didisposisikan ke kepala sekolah

Bisa kita lihat dan simpulkan bahwa fungsi administrasi pendidikan bisa menjangkau semua aspek, dari dalam maupun luar sekolah. Staff administrasi sekolah, dibawahi langsung oleh kepala sekolah, serta kepala tata usaha.

Demikian artikel ini kami buat, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan Anda tentang Tugas dan Kewajiban Staff Administrasi ini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button