UMKM Gowa Diharapkan Tingkatkan Produksi dan Pemasaran Berbasis Digital

Baaca.id, GOWA  Saat ini, Keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memegang peranan penting dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Apalagi, pandemi Covid-19 masih melanda Kabupaten Gowa dan seluruh dunia.

Sebagai pengoptimalan UMKM yang ada, Dinas Koperasi dan UKM Gowa bekerjasama dengan TP PKK melaksanakan sosialisasi Peningkatan Skala Usaha Mikro menjadi Usaha Kecil serta pemasaran produk UKM berbasis kemitraan Tingkat Kabupaten Gowa di Gedung Balai Diklat Gowa, Jum’at (11/6).

Andy Azis Pieter, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Gowa, mengatakan di masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Gowa, peran UKM dalam mendorong pertumbuhan ekonomi sangat dibutuhkan. Pasalnya, pemberdayaan UMKM merupakan salah satu proyek prioritas pemerintah Kabupaten Gowa selama ini.

“Kegiatan ini bertujuan meningkatkan perekonomian dan dapat menjadi stimulus bagi pelaku UKM yang terdampak Covid-19 sehingga dapat bangkit di masa new normal karena memegang peranan penting dalam strategi pembangunan perekonomian dengan tetap bertumpu pada pengembangan potensi daerah serta mampu menuju generasi UKM yang millenial,” katanya.

Saat ini kata Azis, jumlah pelaku usaha di Kabupaten Gowa yang terdaftar kurang lebih 37 ribu UMKM. Namun masih banyak yang terkendala berbagai permasalahan seperti permodalan, SDM, teknologi produksi, promosi dan pemasaran produk UMKM.

“Kita menghadirkan berbagai pemateri untuk mengedukasi pelaku usaha khususnya dalam hal pemasaran yang kini serba digital, sehingga melalui kegiatan ini dapat meningkatkan peran UKM dalam mensukseskan pembangunan nasional melalui peningkatan kualitas dengan upaya mempersiapkan UKM lebih siap menghadapi tantangan di masa yang akan datang,” jelasnya.

Sementara Pj Sekda Gowa, Kamsina mengingatkan para pelaku usaha agar tetap berkreasi dan bermanfaat bagi masyarakat, sehingga kerja sama tetap terselenggara demi Kabupaten Gowa yang aman dan sejahtera.

“Kita ingin UKM Gowa bisa lebih mandiri, dan berdaya saing dengan bertumpu pada pengembangan potensi daerah serta mampu meningkatkan produktivitas dalam mendorong terwujudnya kemandirian ekonomi melalui penyediaan produk yang berkualitas dan berbasis digital,” katanya.

Kamsina mengaku, Di tengah pandemi Covid-19 dan perkembangan ekonomi saat ini, UKM harus mampu memiliki jaringan yang kuat dalam persaingan industri global, karena pengembangan UMKM menjadi prioritas, dan program pemerintah dinilai mampu mendorong dan memperkuat sektor UKM di masing-masing daerah Kabupaten Gowa.

“Visi misi Kabupaten Gowa pada sektor ekonomi khususnya bagi usaha kecil dan menengah adalah dengan bergotong royong antar seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama mengembalikan kekuatan UMKM menuju pemulihan ekonomi nasional di Kabupaten Gowa,” tambahnya.

Ia berharap seluruh pelaku usaha yang hadir dapat menyerap materi yang diberikan dan menghasilkan output, terutama melalui pemasaran berbasis digital untuk meningkatkan produktivitas dan mencapai perekonomian yang lebih baik.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button