Universitas Bosowa Makassar Mulai Membuka Kembali Perkuliahan Tatap Muka

Baaca.id — Universitas Bosowa Makassar (Unibos), salah satu kampus swasta ternama di Makassar, tetap berkomitmen untuk menyelenggarakan jam perkuliahan secara tatap muka, meskipun masih dalam periode pandemi Covid-19.

Kampus yang berdiri pada 9 Desember 1985 ini, tetap berpegang teguh pada misinya, untuk membina insan muda dari seluruh Indonesia, menjadi generasi emas yang membawa banyak perubahan positif dalam lingkungan sosialnya.

Apalagi pandemi sudah berjalan selama kurang lebih satu tahun, sehingga masyarakat seharusnya tidak perlu kaget lagi dengan situasi yang terjadi saat ini.

Justru saat ini adalah waktu terbaik, untuk mulai membiasakan diri dengan kebiasaan baru, atau yang disebut sebagai “New Normal”.

Sedangkan “New normal” bagi Universitas Bosowa, artinya sama dengan melakukan aktivitas perkuliahan, dengan berbagai fasilitas penunjang tambahan.

Fasilitas seperti perkuliahan daring dalam jaringan/online) melalui Zoom, diskusi melalui grup WA, hingga berbagai test yang dilaksanakan secara online, telah mewarnai hari-hari para civitas akademika di Universitas Bosowa Makassar selama setahun ke belakang.

Meskipun memang penuh dengan keterbatasan, terlebih dalam urusan sinyal atau jaringan, tapi perlahan-lahan, setiap orang sudah mulai terbiasa, dan mulai menemukan kenyamanan dalam menjalaninya aktivitas ini setiap harinya.

Protokol Kesehatan Ala Universitas Bosowa

Per April 2021 ini, Universitas Bosowa Makassar telah siap membuka perkuliahan tatap muka, tentunya dengan menerapkan prokes yang ketat.

Berikut ini adalah sejumlah aturan umum yang diterapkan oleh Universitas Bosowa Makassar, selama masa pandemi Covid-19.

  1. Peserta perkuliahan adalah mahasiswa yang terdaftar dan aktif pada semester berjalan.
  2. Mahasiswa sudah mengisi KRS dan telah mendapat persetujuan dari dosen Pembimbing Akademik.
  3. Perkuliahan kelas berjalan apabila jumlah peserta mata kuliah minimal berjumlah 3 orang. Jika kurang dari tiga orang, maka kegiatan pembelajaran dilakukuan dalam bentuk tutorial secara daring.
  4. Dosen pengampu mata kuliah bersama pengelola program studi melakukan penyesuaian Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) dan RPS untuk dapat menyesuaikan dengan metode pembelajaran yang akan digunakan.

Baca Juga:

Persiapan Universitas Bosowa Makassar Hadapi Perkuliahan Tatap Muka

Sementara berikut ini adalah prosedur persiapan Universitas Bosowa Makassar sebelum melakukan perkuliahan tatap muka.

  1. Sebelum memulai semester baru perkuliahan, pengelola program studi wajib menyelenggarakan rapat dosen untuk membahas pembagian tugas mengajar mata kuliah di prodi.
  2. Selanjutnya, Ketua Prodi mengirimkan daftar dosen pengampu mata kuliah kepada Dekan, untuk dibuatkan Surat Tugas Dosen yang mengajar pada semester yang akan berjalan.
  3. Dekan mengeluarkan Surat Tugas mengajar mata kuliah kepada dosen pengampu, yang disampaikan melalui pengelola prodi.
  4. Ketua prodi menyusun jadwal dan penggunaan ruang kuliah, dengan terlebih dahulu berkoordinasi dengan bagian akademik fakultas.
  5. Setiap civitas di Kampus Universitas Bosowa Makassar diwajibkan mematuhi protokol kesehatan baik di dalam maupun di luar area kampus
  6. Jumlah mata kuliah yang bisa dilangsungkan secara tatap muka akan ditentukan oleh masing-masing Fakultas/Prodi.
  7. Selanjutnya, Ketua prodi mengumumkan jadwal kuliah kepada mahasiswa dan dosen pengampu.
  8. Bagian akademik fakultas bertanggungjawab atas kesiapan sarana dan perlengkapan untuk penyelenggaraan perkuliahan, diantaranya:
  • Menyediakan dan memastikan bahwa perlengkapan kuliah berfungsi dengan baik.
  • Memastikan dan mengkoordinasikan dengan bagian perlengkapan (sarpras).
  • Ruang kuliah dan perlengkapan dalam kelas telah dibersihkan secara rutin dengan menggunakan cairan pembunuh kuman (disinfektan).
  • Lalu memastikan penyusunan kursi dalam ruang kuliah agar diberi jarak satu sama lain minimal 1 meter sesuai Protokol pencegahan Covid-19.
  • Memastikan ketersediaan alat tulis, hand sanitizer, LCD proyektor, dan AC dalam setiap ruang kelas dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Prosedur Pelaksanaan Perkuliahan Tatap Muka

Dan yang terakhir, kita akan cari tahu SOP yang berlaku untuk melaksanakan perkuliahan selama masa pandemi Covid-19, di antaranya:

  1. Mahasiswa diharapkan hadir di kelas sebelum perkuliahan dimulai.
  2. Dosen melakukan presensi perkuliahan melalul aplikasi SISMIK.
  3. Mahasiswa/dosen akan dicek teroebih dahulu suhu tubuhnya, dan jika mencapai suhu diatas 37,5°C atau sedang sakit, tidak diperkenankan untuk hadir dalam perkuliahan.
  4. Selama kegiatan perkuliahan berlangsung,mahasiswa dan dosen harus menggunakan masker, atau masker ditambah pelindung wajah (face shield).
  5. Sebelum memasuki ruang kuliah, mahasiswa/dosen harus mencuci tangan dengan sabun atau membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer.
  6. Dalam setiap bentuk aktivitas belajar mengajar, tempat duduk mahasiswa diatur sedemikan rupa sehingga jarak antar mahasiswa atau dengon dosen adalah minimum 1 meter.
  7. Tidak bersalaman atau melakukan kontak fisik antar peserta kuliah/dosen.
  8. Mahasiswa/dosen membawa dan menggunakan perlengkapan tulis masin-masing. Penggunaan barang/alat tulis secara bergantian atau saling pinjam sebaiknya dihindari.
  9. Ruangan segera dibersihkan setelah digunakan kegiatan tatap muka/luring selesai.

Itulah beberapa protokol kesehatan yang diterapkan oleh Universitas Bosowa Makassar. Diharapkan dengan kembalinya perkuliahan secara tatap muka, akan membuat materi akan lebih mudah diterima dan dipahami oleh para mahasiswa, sehingga tujuan perkuliahan juga bisa tercapai dengan lebih maksimal.

Related Articles

Back to top button