Seleksi Masuk Universitas Negeri di Makassar

Baaca.id — Salah satu kebanggaan apabila bisa kuliah di salah satu universitas negeri di Makassar saat ini. Selain karena adanya beberapa pilihan jurusan yang menjanjikan masa depan menjadi lebih baik yang pasti lulusanya pun sangat di cari beberapa perusahaan.

Untuk bisa masuk ke universitas negeri di Makassar pastinya tidak mudah, harus melalui beberapa prosek penyelekasian juga pastinya. Namun jangan takut untuk mencoba ya, mari kita simak ulasan berikut ini.

Jalur untuk Masuk ke Universitas Negeri di Makassar

Jalur untuk masuk ke universitas negri di Makassar antara lain adalah sebagai berikut ini:

Jalur untuk masuk ke perguruan tinngi sangatlah ketat dan tidak hanya seleksi nasional masuk perguruan tinggi atau SNMPTN saja pastinya.

Ada tiga jalur seleksi yang bisa dilalui untuk bisa masuk ke universitas negeri di Makassar yang harus Anda ketahui.

1. Melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Seleksi ini sering dilakukan lebih awal dari jadwal yang sudah ditentukan sebelumya jadi Anda bisa mempersiapkan lebih dini.

Yang menjadi dasar adalah nilai rapor yang Anda miliki jadi mengapa seleksi ini lebih awal dilakukan karena dengan menggunakan jalur tanpa proses tes masuk.

Jika Anda Ingin mengunakan dan melewati jalur ini sebaiknya Anda rajin update info dari kmpus yang Anda inginkan.

2. Melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Tahukah Anda jika seleksi ini harus Anda lalui dan mendapatkan nilai yang memuaskan untuk bisa masuk atau dinyatakan lulus tes.

Karena nilai akhir ini menentukan masuknya nama Anda dalam daftar mahasiswa ataupun mahasiswi dikampus tersebut.

3. Melalui Proses Seleksi Mandiri

Jika gagal dengan 2 jalur tersebuat Anda bisa mencoba melalui seleksi mandiri untuk bisa masuk ke peruruan tinggi yang Anda inginkan.

Seleksi mandiri dlakukan melali prosestes atau melalui ujian terlebih dahulu namn masing-masing universitas mempunyai kebijakan sendiri untuk ini.

Ada yang berdasarkan nilai akhir ada juga yang menggunakan nilai rapor yang dimiliki.

Baca Juga:

Syarat Masuk Universitas Negeri di Makassar

Syarat yang harus dipersiapkan sebelum masuk universitas negri di Makassar antara lain:

1. Persiapkan Ijazah SMA Anda

Untuk bisa mendapatkan ijazah Anda harus menyelesaikan sekolah SMA terlebih dahulu atau mengambil kelas penyetaraan dulu.

2. Perhatikan Batas Usia Masuk

Manfaatkan usia muda Anda untuk menempuh pendidikan dan jangan sia-siakan masa muda Anda dengan menunda-nunda mengenyam pendidikan.

Karena untuk universtas negri pastinya batasan usia menjadi prioritas yang akan diutamakan, meski sebenarnya ijazah yang dimiliki harus tidak lebih dari 5 tahun.

3. Persiapkan Berkas dan Persiapkan Biayanya

Sebaiknya Anda mempersiapkan berkas tersebut agar tidak tercecer nantinya seperti ijazah yang sudah dilegalisir, fotokopi KTP, fotokopi KK, dan juga akta kelahiran Anda.

Besarnya biaya untuk bisa masuk di universitas negeri di Makassar harus Anda perhitungkan dengan matang, seperti membeli formulir, membeli soal untuk belajar tes masuk, bahkan biaya untuk uang gedung dan biaya per semesternya nanti.

4. Persiapkan Syarat Khusus dengan Baik

Masing masing perguruan tinggi memilki persyaratan untuk bisa masuk seperti di kedokteran pastinya tidak akan sama dengan jurusan yang lain.

Jadi sebaiknya Anda persiapkan sejak dini apa yang menjadi persyaratan khusus tersebut baik dari segi kesehatan maupun yang lainnya.

Rekomendasi Universitas Negeri di Makassar

Berikut ini adalah beberapa universitas negeri di Makassar yang wajib Anda ketahui dan bisa Anda jadikan alternatif pilihan Anda:

1. Universitas Hasanuddin

Universitas Hasanuddin atau yang lebih familiar dengan sebutan Unhas sudah berdiri sejak tahun 1956.

Setelah mengalami perpindahan kampus, Unhas membuka fakultas lagi yaitu Fakultas Kehutanan yang akhirnya mendapat predikat penghargaan menjadi salah satu kampus terbaik di Makassar.

2. Universitas Negeri Makassar

Universitas Negeri Makassar memiliki cabang di Yogyakarta yang sering dikenal dengan sebutan IKIP Yogyakarta.

Bagi yang ingin memperdalam ilmu pendidikan dan juga ilmu keguruan, universitas ini sangat cocok Anda jadikan pilihan.

3. Universitas Islam Negeri Alauddin

Universitas ini sering disebut dengan UIN beralamat di Jalan Sultan Alauddin No. 63, kota Makassar.

Salah satu perguruan tinggi islami dan secara resmi sudah diakui oleh Presiden Ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono.

Saat ini, UIN sendiri sudah memiliki 7 fakultas kebanggaan dengan memiliki program Strata-1 atau S1 dan juga program pasca sarjana.

4. Politeknik Negeri Ujung PAndang

Politeknik Negeri Ujung Pandang, yang masih menjadi bagian dari Universitas Hasanuddin sebelum akhirnya berganti.

Jurusan yang ditawarkan juga sangatlah beragam dari Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Bisnis dan juga jurusan Akuntansi.

Dari jurusan tersebut dengan 22 pilihan prodi atau program studi, sehingga saat ini memiliki 2 gedung untuk memisahkan antar jurusan

Sudahkah Anda menemukan Universitas Negeri di Makassar mana yang akan Anda pilih atau akan Anda rekomendasikan?

 

Related Articles

Back to top button