UPT Balai Pembibitan Ternak Bantaeng Terus Berinovasi

Lahirkan 500 Anak Ayam Per Pekan

Baaca.id, BANTAENG — Peningkatan produksi peternakan ayam kampung terus diupayakan Pemkab Bantaeng. Melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Pembibitan Ternak.

Baru saja UPT yang dikepalai Harni Talib itumenyalurkan benih ayam kampung kepada sejumlah kelompok ternak di Bantaeng. Harni Talib menyatakan, ayam ternak yang dibagikan itu adalah benih berkualitas yang tahan terhadap penyakit.

Dia mengaku, ternak ayam itu telah melalui proses intervensi agar cepat bertumbuh besar dan tahan terhadap segala penyakit. Sejauh ini, UPT Balai Pembibitan Ternak mampu menghasilkan hingga 500 ekor anak ayam per minggu. Hasilnya telah dipasarkan hingga ke sejumlah daerah di luar Bantaeng.

Dia juga mengatakan, UPT Balai Pembibitan Ternak juga terus melakukan inovasi dengan benih-benih yang dikembangkan di balai ini. Khusus untuk benih ternak ayam, pihaknya telah mengembangkan kegiatan pembibitan ternak ayam kampung unggul dan pengembangan ayam ras petelur.

“Kita telah melaksanakan inovasi pembesaran ayam satu bulan. Pada umur tiga bulan, kami juga sudah melakukan vaksinasi sebanyak tiga kali sehingga benih itu tahan terhadap penyakit,” jelas dia.

Dia juga menambahkan, pihaknya berencana menambah populasi pembibitan. Selain ayam, populasi sapi dan kambing juga akan dikembangkan.

“Insyaallah di bulan Maret kami akan menambah populasi berupa ternak sapi dan kambing untuk memenuhi permintaan pasar dari masyarakat”, ujar Harni.

Terkait, Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin menuturkan, keberadaan pembenihan ternak ini adalah bagian dari program unggulan pemerintah. Salah satunya adalah jaminan ketersedian benih. UPT Pembibitan Ternak pun bisa didorong agar terus eksis dan menambah produksi benih ternak berkualitas.

Iiham Azikin juga telah melakukan vaksin ND Clone pada ternak ayam. Sekaligus melihat langsung proses vaksinasi bagi pengembangan peternakan di daerah yang ia nakhodai.

Turut hadir yakni Dandim 1410 Bantaeng, Tambohule Wulaa, Kadis Pertanian, Budi Taufik, Asisten III Bidang Administrasi, Asruddin, para Kepala OPD, serta Camat Pajukukang, Rigas Panawang.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button