Vaksinasi Massal Lanjut di Rutan Makassar, Sasar 1.300 Orang

Baaca.id, MAKASSAR – Vaksinasi massal bagi warga binaan pemasyarakatan di Rutan Kelas 1 Makassar kembali digelar, Sabtu (25/9/2021). Kali ini ditargetkan menyasar 1.300 orang.

Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto mengatakan, total WBP di Sulsel yang telah divaksin mencapai 90,04% dari total 10.441 orang WBP. Dengan rincian 3.577 dosis pertama dan 5.824 lengkap (dosis 1 dan 2) per 25/9.

Harun menyampaikan terimakasih kepada Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Makassar dan Politeknik Kesehatan Makassar yang telah menfasilitasi vaksin Covid-19 bagi WBP di Rutan Makassar.

Sementara itu, Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Darmansyah mengatakan vaksinasi kali ini disiapkan menyasar 1.300 WBP, terbagi atas 500 untuk dosis pertama dan 800 untuk dosis kedua.

Jumlah ini terbanyak dibandingkan dua kali vaksinasi sebelumnya. Ketika gelombang pertama hanya memvaksinasi 329 orang WBP. Gelombang kedua di ikuti 841orang WBP.

Dari 1.300 Dosis vaksin yang disediakan , yang tersalurkan hari ini sebanyak 1.252 dosis, terdiri atas 465 dosis pertama dan 787 dosis kedua atau dosis lengkap, sisanya ditunda karena kondisi kesehatan WBP yang belum memenuhi syarat untuk divaksin .

“Maka total warga binaan yang telah divaksin sebanyak 1.594 orang atau 96,7℅ dari total WPB Rutan Makassar 1.648 orang.” kata Darmansyah

Untuk meningkatkan efektivitas pemberian vaksinasi terhadap WBP, lanjut Darmansyah pihaknya melakukan jemput bola dengan menggelar vaksinasi langsung di blok hunian. Langkah ini dimaksudkan untuk mengurai kerumunan WBP pada satu titik.

“Guna memperlancar vaksinasi, tim vaksinator gabungan dari KKP Makassar, Poltekkes Makassar, dan tenaga medis Lapas Rutan dibagi dalam tiga titik. Pertama di blok hunian pidana umum, kedua di blok hunian narkotika, ketiga di ruang kunjungan,” jelas Darman.

Ketua Tim Vaksinator KKP Makassar, dr. Andi Lukman mengaku senang melihat antusiasme Warga Binaan mengikuti vaksinasi, mereka terlihat sadar akan pentingnya Vaksin Covid-19. Ada beberapa WBP yang belum layak divaksin disebabkan alasan kesehatan.

”Ketika mereka sudah sembuh, tinggal dikoordinasikan, kami dengan senang hati siap kapan kapan saja menuntaskan vaksinasi ini,” tutur Andi Lukman yang juga menjabat sebagai Sub Koordinator Kesehatan Matra dan Lintas Wilayah pada KKP Makassar.



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button