Viral! Video Oknum Kades Demisioner Diduga Bagi-bagi Amplop Jelang Hari Pencoblosan

Baaca.id, BONE — Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2021 di Kabupaten Bone tinggal sehari lagi. Namun, pesta demokrasi di tingkat desa ini tercoreng dengan beredarnya video aksi bagi-bagi uang kepada masyarakat yang dilakukan oknum kepala desa.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, video yang telah viral itu terjadi di Desa Lagori, Kecamatan Tellu Limpoe. Dalam video tersebut, terlihat seorang oknum kepala desa diduga membagikan amplop kepada masyarakat, Senin (15/11/2021).

Amplop yang dibagikan tersebut berisi uang Rp100 ribu beserta gambar calon kepala desa yang diusungnya. Oknum kades ini memang sudah demisioner. Ia mengusung ponakannya untuk melanjutkan tahtanya.

Akademisi Bone, Yusdar angkat bicara terkait masalah ini. Dia sangat menyayangkan cara-cara money politics yang diduga dilakukan oknum kades tersebut.

“Semestinya, oknum kades itu harus menampakkan kewibawaan jabatannya sebagai kades dengan bersikap netral serta memberikan edukasi pendidikan politik kepada masyarakat,” tuturnya.

Seorang kades, kata dia, tidak sepantasnya terlibat langsung dalam pembodohan masyarakatnya dengan cara memberikan amplop berisi uang untuk memilih salah satu calon.

“Walaupun memang sering ditemukan jalan bersama dengan calon kepala desa yang tidak lain adalah keponakannya,” imbuhnya.

Yusdar meminta panitia Pilkades Kabupaten turun tangan agar tidak menjadi praktik buruk. Bahkan, penegak hukum mengusut hal tersebut jika menemukan unsur pidana di dalamnya.

“Oleh karenanya, kami meminta panitia secara berjenjang dan dinas terkait untuk menindak tegas oknum kades yang melakukan hal demikian,” tegas Yusdar.

Sementara itu, Baaca.id telah berusaha mengonfirmasi oknum kepala desa yang viral diduga bagi-bagi amplop tersebut. Namun, sejumlah nomor kontak yang didapatkan, tidak lagi aktif. (farhan)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button