Wali Kota Makassar Ingin Padukan Screening Tuberkolosis Lewat GeNose

Baaca.id, MAKASSAR– Wali kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto ingin memadukan screening Tuberkulosis (TBC) lewat GeNose–alat pendeteksi covid-19 buatan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Hal itu diungkapkan Danny Pomanto – sapaan akrab Mohammad Ramdhan Pomanto – saat menerima kunjungan Yayasan KNVC Indonesia atau disingkat YKI, dikediaman pribadinya, di Jalan Amirullah Makassar, pada Rabu (21/4/2021).

“Kita bisa padukan screening TB dengan screening melalui genose,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, TBC adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang disebut tuberkulosa Mycobacterium.

Tuberkulosis mempengaruhi paru-paru (Tuberkulosa Pulmonari), tetapi dapat juga menginfeksi organ lain tubuh. Tuberkulosis merupakan penyakit yang dapat ditularkan melalui udara.

Olehnya itu, Danny mengatakan, penanganan kesehatan sangat membutuhkan kerjasama lintas sektoral.

“Tidak hanya penanganan Covid 19 saja, melainkan penanggulangan penyakit seperti TB juga menjadi perhatian kita semua,” pungkasnya.

Diketahui, dalam pertemuan tersebut pihak YKI dipimpin dr.Jhon yang memaparkan program YKI–organisasi yang bergerak dibidang kesehatan, utamanya dalam penanggulangan Tuberkulosis, tingkat global dan lokal.

Salah satu yang dipaparkan dihadapan orang nomor satu di kota Makassar itu, ialah, penanggulangan Tuberkulosis melalui pembentukan forum multi sektor untuk eliminasi TB hingga tahun 2030 mendatang.

“Melalui forum multi sektor yang akan dibentuk, nantinya bekerja dengan target eliminasi Tuberkulosis hingga tahun 2030 mendatang,” kata dr Jhon.

Dia melanjutkan, untuk mendukung pelaksanaan forum multi sektor tersebut, pihak YKI menyiapkan aplikasi kesehatan yang dapat didownload melalui play store.

“Aplikasi ini namanya sobat TBC, dapat diunduh oleh masyarakat untuk mendapatkan informasi dan layanan di mana ada juga pendampingan termasuk untuk screening, dan gejala TB,” tukasnya. (Efrat)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button