Waspada Penyebab Sakit di Leher Sebelah Kanan

Baaca.id — Sakit di leher sebelah kanan merupakan hal yang biasanya menandakan sesuatu yang tidak begitu serius. Penyebab yang sering terjadi karena ketegangan pada otot, posisi tidur yang buruk atau postur tubuh yang buruk.

Harus Anda ketahui, bahwa leher bergerak begitu intens dan kerap tak terlindungi sehingga rentan terhadap cedera dan tegang. Sakit di leher sebelah kanan terjadi pada kedua sisi leher yang bisa diakibatkan ketegangan otot sederhana.

Leher akan terhubung ke beberapa bagian tubuh yang lainnya. Karena alasan ini yang membuat leher menyebabkan nyeri pada area lain di tubuh, termasuk bahu, lengan, punggung, rahang, bahkan kepala.

Penyebab Sakit di Leher Sebelah Kanan

1. Ketegangan Otot

Anda pasti tidak menyadari kalau menggunakan komputer maupun smartphone bisa menyebabkan sakit di leher sebelah kanan sakit. Anda mungkin juga pernah mengalami nyeri di leher setelah mengemudi jarak jauh atau melakukan pekerjaan.

Pergerakan tersebut akan menyebabkan otot di leher sebelah kanan bisa menjadi melemah. Jika otot leher melemah, maka sendi pada leher menjadi kaku dan Anda mungkin akan kesulitan menggerakkan leher.

2. Posisi Tidur yang Buruk

Leher bisa sakit setelah tidur dalam posisi yang tidak biasa. Anda mungkin lebih mengalami sakit di leher sebelah kanan jika tidur tengkurap. Tidur kalau bantal Anda terlalu banyak itu juga bisa membuat leher Anda sakit lho.

Karena kepala dan leher tidak sejajar dengan bagian tubuh yang lainnya. Selain itu bisa terjadi pada kasur Anda yang terlalu empuk sehingga menyebabkan kesejajaran antara kepala dan leher menjadi tidak sama dibandingkan dengan bagian tubuh yang lain.

3. Postur Tubuh yang Buruk

Postur tubuh sangat penting untuk mencegah, mengurangi bahkan menghilangkan nyeri pada leher. postur tubuh yang buruk secara langsung akan mempengaruhi otot dekat leher dan bahu serta tulang belakang.

4. Kecemasan atau Stres

Saat mengalami kecemasan atau stres dapat mengakibatkan otot menjadi menegang. Kemungkinan akan Anda rasakan terutama pada sekitar leher dan bahu.

5. Keseleo

Trauma pada leher akan menyebabkan leher menjadi terkilir, yang menyebabkan nyeri atau bisa juga disebut dengan keseleo. Hal ini terjadi ketika ligamen atau otot di leher mengalami cedera.

Sebab adanya sesuatu yang berdampak pada tubuh sehingga menyebabkan leher terlalu bengkok dan kembali ke tempatnya terlalu cepat. Jenis trauma ini dapat terjadi jika Anda mengalami kecelakaan mobil maupun mengendarai roller coaster.

Penyebab Langka Sakit Leher Sebelah Kanan

Masih ada beberapa kondisi langka yang bisa menyebabkan sakit leher pada bagian sebelah kanan juga. Berikut beberapa penyebab terjadinya sakit di leher sebelah kanan.

  • Artritis reumatoid
  • Kanker
  • Kerusakan pada saraf, tulang belakang, sumsum tulang belakang
  • Infeksi
  • Penyakit yang menyerang tulang

Lebih baik Anda harus datang ke dokter dan mencari tahu apa penyebab sakit leher sebelah kana yang dirasakan. Dengan begitu, dokter bisa merekomendasikan pengobatan yang terbaik demi kesembuhan leher Anda.

Baca Juga:

Cara Mengobati Sakit Leher di Sebelah Kanan

Saat rasa sakit yang tidak terlalu parah, terdapat beberapa metode pengobatan yang dapat dilakukan di rumah. Tetapi harus diingat, datang ke dokter tetap harus dilakukan untuk mendapatkan hasil penyembuhan yang memuaskan.

Berikut ini adalah cara mengobati sakit di leher sebelah kanan yang bisa Anda lakukan di rumah.

  • Konsumsi obat pereda rasa nyeri yang bisa dibeli di apotek.
  • Kompres hangat pada bagian leher yang sakit.
  • Pijat pada bagian leher yang sakit dengan lembut.
  • Meregangkan leher
  • Mencegah stres
  • Meletakkan kompres es batu atau kompres dingin ke bagian leher yang sakit.
  • Melatih postur tubuh yang baik saat duduk, berdiri maupun berjalan.
  • Tidur dengan posisi leher yang dapat menopang dengan baik.
  • Berolahraga secara teratur untuk memperkuat otot leher.

Namun harus diingat, beberapa cara mengobati sakit di leher sebelah kanan ini belum tentu bisa menghilangkan rasa sakitnya. Tetap harus membutuhkan penanganan medis di rumah sakit untuk mengilangkan rasa sakit secara menyeluruh.

Pengobatan Sakit di Leher Sebelah Kanan Secara Medis

Sakit leher di sebelah kanan yang tak kunjung hilang selama beberapa hari bahkan minggu itu harus segera ditangani oleh dokter. Hal yang pertama yang biasanya dilakukan oleh dokter adalah pemeriksaan fisik, MRI, sampai CT scan.

Pada umumnya obat-obatan media yang bisa diberikan berupa obat pereda nyeri yang lebih kuat, suntikan kortikosteroid ke bagian leher yang mengalami sakit, obat penenang otot, terapi fisik, sampai operasi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button