Wujudkan Indonesia Jadi Pemain Kunci Industri Keuangan Syariah Dunia, Wapres Minta MES Turut Kembangkan Halal Value Chain

Baaca.id, JAKARTA – Indonesia rupanya termasuk lima besar negara dengan aset keuangan syariah terbesar di dunia. Rujukannya, laporan Islamic Finance Development Indicators (IFDI) 2020.

Berdasarkan nilai aset dibandingkan 135 negara, Indonesia mencapai USD 3 miliar. Nilainya di bawah Arab Saudi (USD 17 miliar), Iran (USD 14 miliar), Malaysia (USD 10 miliar), dan Persatuan Emirat Arab (USD 3 miliar).

Terkait, Wakil Presiden (Wapres) RI, Maruf Amin meyakini, posisi tersebut masih mungkin didongkrak. Sehingga Indonesia mampu menjadi pemain kunci industri keuangan syariah dunia.

Pernyataan mengandung optimisme tersebut dia sampaikan bersamaan acara peluncuran logo Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) di Jakarta, Jumat (22/10/2021).

“Kita meyakini posisi Indonesia masih sangat mungkin untuk meningkat lagi, bahkan menjadi pemain kunci industri keuangan syariah dunia,” kata Maruf Amin.

Menurut Maruf, peran MES sangat krusial dan penting dalam upaya edukasi dan inklusi yang memberikan kesempatan, terlebih bagi para santri untuk berkembang memperluas kontribusinya dalam koridor ekonomi syariah di penjuru nusantara.

“Untuk itu, sinergi, kolaborasi, dan kemitraan antara pelaku usaha besar dan pelaku usaha mikro dan kecil, serta ultra mikro harus kita perkuat guna mengembangkan halal value chain agar tujuan pemerataan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud,” katanya.

MES juga berkomitmen untuk aktif melahirkan dan menumbuh-kembangkan pengusaha-pengusaha syariah melalui pengembangan pusat-pusat inkubasi dan pusat-pusat bisnis syariah di berbagai daerah melalui kolaborasi MES dengan KNEKS, pemerintah daerah, dan juga Kadin.

“Harapan kita, potensi ekonomi dan keuangan syariah Indonesia yang sangat menjanjikan, dapat dioptimalkan demi kesejahteraan umat, dan Indonesia menjadi pemain utama ekonomi dan keuangan syariah dunia,” jelasnya. (*)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button