Cara Mendaftar di Yayasan Bunga Kamboja

Baaca.id — Kematian tidak dapat diprediksi, siapapun akan meninggal dunia kalau sudah waktunya tiba. Namun, terkadang kematian seseorang datang secara mendadak, sehingga menimbulkan kepanikan yang luar biasa tanpa ada persiapan apapun, termasuk urusan pemakaman.

Sebagian orang sekarang tidak ingin repot saat musibah melanda dengan menjadi anggota jasa pelayanan kematian. Alasan lainnya lahan semakin sulit dicari, maka jasa pengurusan kematian sebagai solusi.

Semenjak itulah, kini muncul deretan yayasan di sejumlah daerah di Indonesia. Dari sinilah kemudian muncul beberapa yayasan yang hadir untuk membantu orang-orang yang telah meninggal dunia, antara lain Yayasan Al-Azhar, Yayasan Al-Sofwa, hingga Yayasan Al-Jannah.

Pada umumnya yayasan-yayasan seperti ini banyak ditemukan di daerah perkotaan yang lahannya semakin sempit. Tidak sedikit dari masyarakat setempat mendaftarkan menjadi member supaya saat meninggal dunia nanti ada yang mengurus.

Yayasan Bunga Kamboja, adalah salah satu jasa pelayanan kematian di Jakarta, tepatnya terletak di Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Yayasan ini merupakan sebuah yayasan yang mengurus tentang pemakaman pada orang-orang yang telah meninggal dunia di Jakarta dan sekitarnya.

Salah satu yayasan yang khusus mengurus kepentingan pemakaman dengan segala keunggulan penawarannya yang cukup terkenal di Jakarta, yaitu Yayasan Bunga Kamboja.

Syarat Menjadi Anggota Yayasan Bunga Kamboja

Tidak semua orang bisa masuk menjadi anggota yayasan. Namun, ada beberapa cara yang harus dilakukan untuk menjadi calon anggota Yayasan Bunga Kamboja tersebut.

Tidak ada batasan usia saat mendaftar sebagai anggota. Menariknya, bayi dalam kandungan pun telah mendapatkan jaminan menjadi anggota.

Syarat lain yang harus dipenuhi oleh calon anggota, yaitu 6 bulan dari sejak pendaftaran pertama kali. Tetapi sebelum 6 bulan ada yang ingin memakai jasa yayasan, maka diwajibkan membayar tarif umum non anggota.

Cara Menjadi Anggota Yayasan Bunga Kamboja

  1. Mengisi formulir pendaftaran dan melampirkan data pribadi seperti fotokopi KTP atau KK.
  2. Membayar uang pendaftaran Rp 50.000 per KK.
  3. Menyerahkan pas fotokopi surat kematian dari rumah sakit/puskesmas dari kelurahan setempat.
  4. Pengambilan uang duka tidak boleh melampaui batas 6 bulan dari tanggal wafat.

Baca Juga:

Syarat Lain Apabila Anggota Tidak Memakai Jasa Yayasan Bunga Kamboja

Ketika meninggal dunia tidak memakai jasa Yayasan Bunga Kamboja, lalu tidak juga melaporkan, alasannya dalam masa kedukaan maupun  panik. Keluarga dikenakan biaya perawatan umum bukan anggota.

Tidak memberitahu dengan alasan lupa anggota yang meninggal dunia di luar kota atau luar negeri. Maka ada kebijakan baru dari Yayasan Bunga Kamboja bagi anggota.

Dalam kebijakan tersebut mengatakan bahwa anggota hanya akan mendapatkan uang penggantian perawatan berupa uang iuran 5 tahun ke bawah, yaitu: Rp.70.000, kemudian usia 5 tahun ke atas Rp. 80.000

Iuran Anggota Yayasan Bunga Kamboja

Setiap anggota Yayasan Bunga Kamboja memiliki kewajiban membayar iuran pendaftaran Rp 100.000 dan Rp 10.000 untuk biaya pembuatan kartu anggota.

Setelah menjadi anggota iuran anggota terbagi dua kelompok, yaitu: Usia 50 tahun ke bawah diwajibkan membayar Rp 8000 per bulan.

Sementara untuk usia 50 tahun ke atas diwajibkan membayar Rp 10.000 per bulan. Uang Rp 10.000 tersebut dibayar secara langsung minimal 4 bulan.

Iuran tersebut akan dikembalikan kepada setiap anggota, saat anggota itu meninggal dunia. Pelayanan jasa dari Yayasan Bunga Kamboja salah satunya, kemudian anggota keluarga yang ditinggalkan juga mendapat uang duka dari Yayasan Bunga Kamboja.

Fasilitas yang diperoleh Anggota Yayasan Bunga Kamboja

1. Anggota akan Memperoleh Beberapa Fasilitas

Fasilitas tersebut meliputi: Kain kafan, sabun mandi, kapur barus hingga kapas. Selain itu, Anda akan mendapatkan papan nisan yang terbuat dari kayu jati telah di polintur. Kemudian Anda juga memperoleh bak tempat memandikan jenazah dan gorden.

Kitab Yasin satu buah, petugas memandikan jenazah (juru amil), mensholatkan dan membaca doa, kendaraan jenazah ke makam dan mendapatkan potongan 10% dari tarif luar kota yang dituju. Berikutnya Anda juga memperoleh potongan 10% dari harga pembelian peti jenazah

2. Pemberian Uang Duka

Ketika menjadi anggota Yayasan Bunga Kamboja, Anda akan mendapatkan uang duka. Golongan A tidak memperoleh bantuan, tetapi golongan B sebesar Rp 70.000. Bantuan tersebut berlaku apabila anggota sudah mencapai limit 6 bulan dari tanggal pendaftaran

3. Anggota akan Kehilangan Haknya, Apabila…

Selama 2 bulan berturut-turut tidak memiliki membayar iuran, sampai tidak mengindahkan peringatan teguran dari sampai 3 kali pengiriman surat.

Itulah ulasan dan informasi singkat tentang cara mendaftar menjadi anggota Yayasan Bunga Kamboja yang bisa menambah wawasan dan pengetahuan.

Related Articles

Back to top button